Subscribe:

menu


Ads 468x60px

..

Rabu, 27 November 2013

Pengertian Belajar

Belajar merupakan kegiatan paling pokok dalam proses belajar mengajar manusia. Terutama dalam pencapaian tujuan institusional suatu lembaga pendidikan atau sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa berhasil tidaknya suatu pencapaian tujuan pendidikan tergantung kepada bagaimana proses belajar mengajar yang dialami oleh individu.
Menurut Nana Sudjana (2010: 7) belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil dari proses belajar dapat ditunjukan dalam berbagai bentuk seperti perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap, tingkah laku, keterampilan, kecakapan, kebiasaan serta perubahan aspek-aspek lain yang ada pada individu yang belajar. Lebih lanjut Nana Sudjana (2010: 28) mengemukakan bahwa pengertian belajar sebagai proses yang aktif, belajar adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu.
Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2008: 13) belajar adalah serangkakaian jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Abdillah (Aunurahman, 2010: 35) juga mengemukakan bahwa belajar adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku baik melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu
Menurut Slameto (2010: 2) belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Seseorang dianggap belajar apabila telah mendapatkan perubahan-perubahan tingkah laku dari pengalamannya sendiri.
Agus Suprijono (2009: 4) memaparkan beberapa prinsip belajar yaitu sebagai berikut.
a.    Belajar adalah perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar memiliki cirri-ciri.
1)      Sebagi hasil tindakan rasional instrumental yaitu perubahan yang disadari.
2)      Kontinu atau berkesinambungan dengan perilaku lalinnya.
3)      Fungsional atau bermanfaat sebagai bekal hidup.
4)      Positif atau tetap.
5)      Bertujuan dan terarah.
6)      Mencakup keseluruhan potensi kemanusiaan.
b.    Belajar merupakan proses. Belajar terjadi karena didorong kebutuhan yang ingin dicapai.
c.    Belajar merupakan bentuk pengalaman. Pengalaman pada dasarnya adalah hasil dari interaksi antara pembelajar dengan lingkungannya.
Berdasarkan pengertian-pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa belajar diperoleh melalui usaha merubah tingkah laku seseorang melalui aktifitas dengan lingkungannya. Perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalamannya sendiri yang ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain. Dalam belajar tersebut, yang diperoleh dari belajar yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

0 comments:

Posting Komentar